BPBD Ungkap Penyebab Longsor Proyek TPT di Bogor hingga Tewaskan 2 Orang

Bogor – Dua pekerja tewas tertimbun longsor di proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Muarasari, Tajur, Kota Bogor. Korban jiwa itu diakibatkan oleh longsor susulan yang terjadi di lokasi.
“Longsor terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, namun kembali terjadi longsor susulan dan mengakibatkan korban jiwa itu kami terima laporannya pukul 11.00 WIB,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Bogor Hidayatullah, Minggu (18/2/2024).

Hidayatullah mengatakan pada longsor pertama empat pekerja tertimbun. Dua pekerja lalu berhasil dievakuasi.

“Memang pukul 08.00 WIB terjadi longsor yang mengakibatkan 4 pekerja tertimbun. Dua pekerja berhasil dievakuasi lebih dulu dan dinyatakan luka ringan, satu sudah kembali dari RS satu lagi masih dirawat di RSUD Ciawi,” imbuhnya.

Hidayatullah menyebutkan total ada 22 orang yang sedang bekerja di proyek TPT. Saat kejadian sedang dilakukan pembuatan pondasi.

“Di lokasi kejadian, para pekerja proyek yang berjumlah 22 orang yang berasal dari Cianjur dan Sukabumi ini sedang melakukan kegiatan proyek pembangunan. Tiba-tiba tanah yang berada di tebingan kembali longsor dan langsung menimpa para pekerja yang berada di bawah,” kata Hidayatullah.

“Para pekerja pun langsung menyelamatkan diri dan ada beberapa yang terkena material tanah longsor,” imbuhnya.

Tim SAR gabungan BPBD kemudian mulai melakukan evakuasi dua orang yang tertimbun material longsor sekitar pukul 11.00 WIB.

“Dua orang dinyatakan meninggal. Pertama ditemukan dan meninggal pukul 11.00 WIB, kedua di pukul 14.30 dalam kondisi posisi almarhum bersandar di tebing atau TPT samping kanan Sungai Cibalok. Korban meninggal atasnama Dede (24) dan Uus (55),” kata Hidayatullah.

Hidayatullah menyebutkan longsor diduga akibat kondisi tanah yang labil akibat curah hujan yang tinggi. Longsor juga diduga dipicu luapan Sungai Cibalok yang menggerus tebing.

“Dugaan sementara tanah longsor susulan terjadi akibat kondisi tanah yang labil akibat curah hujan yang cukup tinggi pada akhir akhir ini, serta tergerusnya tanah oleh aliran air kali Cibalok,” kata Hidayatullah.

Liverpool Menang Besar, Jota-Jones Cedera

Brentford – Kemenangan besar Liverpool di kandang Brentford memakan korban. Diogo Jota dan Curtis Jones menuntaskan laga lebih cepat karena cedera.
Jota dan Jones bermain sejak awal saat Liverpool melawat ke Gtech Stadium, Sabtu (17/2/2024) malam WIB. Jota jadi arsitek gol pertama Liverpool yang dibuat Nunez pada menit ke-35.

Umpan pendek kepada Nunez diteruskan penyerang Uruguay itu jadi gol lewat sepakan chip di depan kiper. Sayangnya, Jota tak lama setelah itu harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera lutut.

Cedera itu didapat setelah tak sengaja tertindih bek Brentford Christian Noogard. Ini jadi pukulan untuk Liverpool mengingat mereka sudah kehilangan Curtis Jones duluan pada menit ke-34 karena masalah engkel.

Fans Liverpool boleh jadi makin pusing saat Nunez diganti Cody Gakpo pada jeda babak pertama. Meski sudah melakukan tiga pergantian, Liverpool terlalu tangguh untuk Brentford yang akhirnya dikalahkan dengan skor 1-4.

Alexis MacAllister, Salah, dan Gakpo mencetak gol tambahan di babak kedua, yang sempat dipangkas oleh Ivan Toney. Kemenangan yang harus dibayar mahal dengan tumbangnya tiga pemain.

Apalagi cedera Jota dan Jones terlihat cukup parah jika dilihat dari prosesnya. Juergen Klopp selaku manajer hanya bisa berharap Jota dan Jones tidak perlu absen lama.

“Campur aduk rasanya, kami kehilangan pemain yang tidak tahu seberapa serius cederanya. Kondisi mereka sepertinya tidak bagus,” ujar Klopp kepada TNT Sports.

“Sayangnya kami tidak beruntung dengan yang namanya cedera. Saya rasa ada benturan pada Jones. Juga dengan tekel yang diarahkan ke Diogo Jota, dan kami belum yakin soal kondisi Darwin Nunez, dia merasakan sesuatu.”

“Kita lihat saja nanti. Ini memang tidak pernah mudah untuk kami, untuk saat ini segalanya baik-baik saja. Kami punya 57 poin dan bakal bermain beberapa hari lagi.”

Heboh Kabar Caleg di Bengkulu Stres Kalah Pemilu 2024, Ini Faktanya

Jakarta – Video dinarasikan caleg di Bengkulu stres berteriak-teriak di TPS karena tidak mendapatkan suara pada Pemilu 2024 viral di media sosial. Begini faktanya.
Dilansir detikSumbagsel, Jumat (16/2/2024), dalam video berdurasi 26 detik tersebut, perekam video merekam pria yang berteriak di sekitar TPS. Perekam lalu menyebut pria yang berteriak tersebut adalah seorang caleg yang tidak mendapatkan suara dalam pemilihan legislatif.

Anggota KPPS TPS 04, Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Bengkulu, Andri Mardiansyah mengatakan pria tersebut bukan caleg stres. Dia menyebut pria itu adalah remaja laki-laki berkebutuhan khusus yang kehilangan sandal saat berada di TPS.

“Hoax itu bukan caleg, kami malam itu sedang melakukan penghitungan suara, si anak ini main ke TPS, tapi sandal yang dipakainya hilang, makanya dia berteriak minta sandalnya dikembalikan,” kata Andri, Jumat (16/2/2024).

Andri menjelaskan, remaja berkebutuhan khusus itu tinggal di lokasi dekat TPS. Dia menyebut remaja itu tengah bermain dan melihat penghitungan suara.

“Dalam video itu si anak duduk di depan rumah tidak jauh dari TPS 04 sambil berteriak, yang jelas si perekam video memberikan informasi yang salah karena tidak ada caleg yang stres di Kelurahan Kandang,” jelasnya.

KPU Akan Gelar Pemilu Susulan di Sejumlah Daerah

Jakarta – Pada Rabu 14 Februari kemarin, rakyat Indonesia telah menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum serentak untuk memilih calon presiden, wakil presiden dan anggota legislatif untuk periode 2024-2029.
Namun tak semua wilayah di Indonesia bisa menggelar pemungutan suara dikarenakan berbagai masalah seperti banjir, kekurangan surat suara hingga gangguan keamanan yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, terdapat 668 TPS di 5 kabupaten/kota pada 4 provinsi se-Indonesia yang akan melaksanakan pemungutan suara susulan. Hal itu dilakukan karena kerena terjadi sejumlah gangguan.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, monitoring sepanjang waktu beberapa hari terakhir, terutama sampai dengan hari ini, 14 Februari 2024, pada jam 18.00 WIB, terdapat 668 TPS, saya ulangi lagi 668 TPS di 5 kabupaten/kota pada 4 provinsi yang berpotensi dilakukan pemungutan suara susulan,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakpus, Rabu (14/2/2024).

Lebih rinci, 4 kabupaten/kota itu adalah Demak, Batam, Paniai, Puncak Jaya, dan Jaya Wijaya. Total keseluruhan ada 668 TPS akan menggelar pemungutan suara susulan.

Dari jumlah tersebut, TPS yang paling banyak harus melakukan pencoblosan susulan berada di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah, yakni sebanyak 456 TPS yang harus melakukan pencoblosan susulan.

Berikutnya, terdapat 108 TPS di Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang terdampak bencana banjir di 10 desa di Demak sehingga pelaksanaan pemungutan suara harus ditunda.

Kemudian disusul oleh 92 TPS di Kabupaten Paniai, Papua Tengah yang terjadi insiden perusakan alat pemungutan suara. Lalu ada 8 TPS di Kota Batam, Kepulauan Riau yang kekurangan surat suara.

Terakhir, ada 4 TPS di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan yang warganya belum bisa mencoblos karena mengalami gangguan keamanan.

Sebagai informasi, jangka waktu pemilu susulan untuk digelar ialah 10 hari sejak hari pemungutan suara. Namun, kata Hasyim, hal itu harus dilihat dari kondisi di lokasi daerah tersebut.

Lebih lanjut Hasyim mengatakan terkait keputusan pemilu susulan atau pemilu lanjutan merupakan kewenangan KPU daerah. Nantinya, KPU daerah akan membuatkan catatan dalam berita acara terkait kejadian khusus tersebut.

Tak hanya membahas permasalahan pemungutan suara dalam negeri, Hasyim juga angkat suara perihal ditemukannya sejumlah masalah dalam pelaksanaan pemungutan suara di Kuala Lumpur, Malaysia terkait beredarnya video surat suara yang sudah tercoblos. KPU pun memutuskan menunda penghitungan suara metode pos dan kotak suara keliling (KSK).

“Untuk dua metode itu dihentikan dulu, tidak diikutkan karena ada temuan-temuan yang sesungguhnya KPU sendiri sudah mengetahui ada situasi yang secara prosedural itu unprocedural,” ujar Hasyim.

Penghitungan suara di Kuala Lumpur dijadwalkan pada 14-15 Februari 2024. Namun untuk tenggat waktu tersebut, penghitungan suara yang boleh dilakukan saat ini hanya untuk metode mencoblos di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN).

“Untuk metode pos dan kotak suara keliling dihentikan dahulu,” jelasnya.

“Sesungguhnya penghitungan suara juga bersamaan dengan TPSLN, yaitu 14-15 Februari 2024. Untuk metode pos itu jadwalnya dihitung 15-22 Februari 2024,” sambung Hasyim.

Hasyim menuturkan terdapat sinkronisasi antara temuan-temuan Bawaslu dan KPU dalam proses pemilu di Kuala Lumpur. Maka, menurutnya, untuk metode pos dan kotak suara keliling (KSK) berpotensi untuk dilakukan pemungutan suara ulang.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah masalah dalam pelaksanaan pemungutan suara di negeri jiran tersebut. Hal ini didasarkan karena tidak adanya perhitungan hasil pemungutan suara dengan metode pos di seluruh wilayah Kuala Lumpur dan tidak adanya perhitungan metode surat KSK.

Oleh karena itu, Bawaslu merekomendasikan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang via pos dan KSK. Lalu, untuk pelaksanaannya didahului dengan pemutakhiran daftar pemilih dan tidak menetapkan yang sudah ada jadi basis data pemilih, sehingga menghindari pemilih yang mencoblos dua kali.

Nikmati terus menu sarapan informasi khas detik Pagi secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Tidak hanya menyimak, detikers juga bisa berbagi ide, cerita, hingga membagikan pertanyaan lewat kolom live chat.

Mimpi Apa Franck Kessie

Jakarta – Tiga tahun ke belakang, Franck Kessie juara melulu. Kessie raih Scudetto bersama AC Milan, sabet juara LaLiga bersama Barcelona, terbaru juara Piala Afrika!
Franck Kessie lagi langganan naik ke podium juara. Terbaru, dirinya bawa Pantai Gading meraih juara Piala Afrika.

Pantai Gading mampu comeback 2-1 atas Nigeria di laga final pada 12 Februari. Kessie mampu mencetak gol penyeimbang dan Haller jadi penentu kemenangan.

Franck Kessie bagai hidup dalam fantasi. Tiga tahun belakangan, sang gelandang tengah sukses raih tiga trofi.

Diawali saat dirinya jadi bagian penting AC Milan, ketika menjuarai Scudetto di musim 2021/2022. Kemudian Kessie bergabung dengan Barcelona, sabet titel LaLiga dan Piala Super Spanyol di musim 2022/2023.

Di tahun 2024 ini, Kessie menjuarai Piala Afrika. Untuk diketahui, nama ajangnya masih memakai nama ‘Piala Afrika 2023’ karena penyelenggaraannya diundur setahun.

Franck Kessie kini berseragam Al Ahli. Pemain berusia 27 tahun itu dibeli klub asal Arab Saudi tersebut dari Barcelona pada musim panas 2023.

Al Ahli sementara duduk di peringkat ketiga Klasemen Liga Arab Saudi dengan 40 poin dari 19 laga. Selisih 13 poin dari Al Hilal di posisi puncak, namun musim masih panjang dan mereka masih punya peluang.

Joan Mir: 2024 Jadi Tahun Terpenting dalam Karierku

Madrid – Joan Mir mengungkapkan, 2024 menjadi tahun terpenting di dalam kariernya di MotoGP. Mir menatap musim dengan optimistis karena motor Honda kini sudah berbeda.
Pebalap Spanyol itu menjalani musim debut bak mimpi buruk bersama Honda. Mir cuma mengemas total 26 poin sehingga finis di peringkat 22 klasemen MotoGP 2023, finis terburuk di antara rider-rider dari tim pabrikan.

Mir bahkan tidak sekalipun bisa menuntaskan balapan hari Minggu di antara April sampai Agustus karena mengalami kecelakaan dan cedera-cedera. Pencapaian terbaik Mir hanyalah sekali finis kelima di balapan utama seri India.

Meski begitu, Honda memperlihatkan sinyalemen positif jelang bergulirnya MotoGP 2024. Di tes Sepang belum lama ini, Joan Mir memang finis kesepuluh di hari terakhir tapi hanya berjarak 0,6 detik dari pebalap tercepat sekaligus juara dunia back to back Francesco Bagnaia (Ducati).

“Yang sebenarnya adalah ini akan menjadi tahun yang sangat penting untukku, mungkin yang terpenting dalam karier profesionalku sejauh ini,” sahut Joan Mir dilansir Crash.

“Jika seorang pebalap menjalani setahun yang kurang oke… maka menjalani dua tahun beruntun dengan kurang oke itu lebih buruk. Jadi aku ingin berhasil. Aku akan melakukan yang terbaik. Kurasa Honda juga begitu, dan aku sangat optimistis.”

“Tampaknya ini adalah tahun perubahan. Motornya benar-benar sudah berbeda dan livery yang baru sangat agresif. Terus terang, kurasa kami sudah meningkat sedikit di semua aspek. Kami hanya kurang sedikit dalam hal akselerasi, dan sesuatu di aerodinamika,” sambung juara MotoGP 2020 ini.

“Namun, motornya sudah benar-benar berbeda kok dalam kaitannya dengan aerodinamika. Motornya terlihat lebih modern! Pada musim lalu ‘kan cuma ada satu sayap dan tahun ini ada banyak,” kata Joan Mir.

Ganjar soal Film Dirty Vote: Edukasi untuk Publik Agar Menjaga Demokrasi

Jakarta – Film dokumenter Dirty Vote menjadi perbincangan panas karena membahas dugaan kecurangan Pemilu 2024. Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengungkapkan juga sudah menyaksikan film tersebut.
Awalnya Ganjar menyebut mengisi kegiatan hari tenang jelang Pemilu 2024 dengan menonton film bersama istrinya, yaitu film berjudul Agak Laen. Saat ditanya apakah juga menonton film Dirty Vote, Ganjar mengiyakan.

“(Kegiatan hari tenang) Dolan (main sama istri, nonton film, judulnya Agak Laen. Bagus banget filmnya, jadi mau promosikan film ini,” kata Ganjar di kawasan Kota Lama Semarang, dilansir detikJateng, Selasa (13/2/2024).

Menurut Ganjar, film yang disutradarai Dandhy Dwi Laksono tersebut menceritakan tentang sebuah situasi. Hal itu bisa menjadi edukasi untuk menjaga demokrasi.

“Ya ada orang yang menceritakan tentang situasi, itu aja kalau saya melihatnya. Kalau politisi sudah paham apa yang terjadi. Edukasi untuk publik agar semua bisa menjaga arah demokrasi dengan baik, itu diingatkan oleh para ilmuwan,” ujar Ganjar.

Baca artikel detiknews, “Ganjar soal Film Dirty Vote: Edukasi untuk Publik Agar Menjaga Demokrasi” selengkapnya¬†https://news.detik.com/pemilu/d-7189946/ganjar-soal-film-dirty-vote-edukasi-untuk-publik-agar-menjaga-demokrasi.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Marc Marquez Puas Bisa Tampil Mentereng Di Tes Sepang Hari Ketiga

Berita MotoGP : Pebalap anyar Gresini Racing yaitu Marc Marquez tampak puas dengan hasil tes pramusim hari ketiga di Sirkuit Sepang. Pada tes tersebut, Marquez terlihat lebih nyaman dengan Desmosedici miliknya dan berhasil mencatatkan waktu terbaik keenam.

Setelah menderita pada hari pertama dan kedua di tes pramusim Sepang, Marc Marquez perlahan-lahan bangkit hingga akhirnya bisa unjuk gigi di hari ketiga. Ia tampak lebih nyaman melakukan manuver demi manuver dan akhirnya mencatatkan waktu terbaik keenam di antara semua partisipan. Hasil ini jelas membuatnya merasa lega karena telah menemukan cara untuk menjinakkan Ducati meski belum 100 persen.

“Saya benar-benar berada di batas kemampuan saya hari ini.¬†Secara keseluruhan, tesnya cukup baik. Oke, hari pertama itu sulit. Pada hari kedua kami bekerja dan saya melakukan banyak putaran. Dari segi kecepatan tidak apa-apa, serangan waktunya masih hilang,” ucap Marquez saat diwawancara oleh media setempat.

Hasil ini jelas harus dimanfaatkan Marquez sebaik mungkin untuk terus mencari tahu apa yang kurang pada dirinya dan motor Desmosedici. Marquez dan rider yang lain masih akan menjalani satu tes pramusim lagi di Qatar pada tanggal 19-20 Februari mendatang. Marquez harus memantapkan segala proses adaptasinya pada tes terakhir di Qatar. Setelah itu, ia akan bertarung pada musim reguler sesungguhnya dimana tidak ada ruang untuk kesalahan lagi.

Polisi: Pacar Tamara Tyasmara Tenggelamkan Dante di Depan Anaknya

Jakarta – Polisi mengungkap fakta terbaru terkait kasus kematian Dante (6), anak Tamara Tyasmaa dan Angger Dimas yang diduga ditenggelamkan oleh Yudha Arfandi. Pacar Tamara yang kini menjadi tersangka itu menenggelamkan Dante di depan anak kandungnya.
“Kebetulan yang bersangkutan saat itu membawa anaknya yang perempuan, seumuran korban juga,” kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra kepada wartawan, Sabtu (10/2/2024).

Sementera itu, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Rovan Richard Mahenu mengatakan bahwa Yudha menenggelamkan Dante di depan anak kandungnya.

“Iya itu ada beberapa kali dilakukan di depan anaknya sendiri,” kata Rovan.

Dihubungi secara terpisah, Tamara juga mengungkapkan bahwa pada saat itu Dante berenang bersama Arfandi dan putri Arfandi. Tamara mengatakan Dante dan anak Arfandi sudah dekat karena memang seumuran.

“Sebenarnya emang si Fandi, ini anaknya Fandi yang cewe itu yang ada di CCTV lihat kan, nah Dante sama dia tuh seumuran. Terus Dante deket banget udah kaya kalaupun mereka nggak ketemu hari ini, mereka tuh video call-an dari pagi sampai malem. Jadi udah sedeket itu sama Dante,” kata Tamara.

Karena kedekatan Dante dan anak Arfandi, Tamara pun mempercayakan Dante saat itu kepada Arfandi. Apalagi, Tamara sudah 2 tahun menjalin hubungan spesial dengan Yudha Arfandi.

Advertisements
X
“Nah kemarin itu karna saya harus syuting, makanya saya itu awalnya itu kan naruhnya itu kan di rumahnya dulu bukan langsung ke kolam renang gitu. Di rumahnya Arfandi sama M (anak Arfandi) udah bertiga,” kata Tamara.

Tamara sudah berpesan kepada Dante agar menunggunya di rumah Arfandi. Tamara juga sudah berpesan supaya mereka tidak mendahului pergi ke kolam renang.

“(Saya bilang ke Dante) kalian main dulu di rumah udah tunggu ya aku mau syuting dulu. Aku sama anaknya Fandy pun udah aku anggap kayak anak aku sendiri gitu loh. Yang aku omelin yang misalnya aku atur-aturin, pokoknya tungguin sampai aku datang ya gitu-gitu, cuma namanya anak kecil udah tahu mau renang, kembali lagi gimana sih nggak merengek-rengek, nelponin ya udah akhirnya ya udah duluan,” bebernya.

Namun Tamara tidak menyangka itu adalah pertemuan terakhir dengan Dante. Tamara kemudian mendapatkan kabar Dante meninggal dan telah dibawa ke rumah sakit.

“Nah setelah renang, kita nggak tahu Allah punya jalan lain, gitu lho ternyata harus seperti itu,” ucapnya lirih.

Ditangkap Saat Isi BBM Berulang Kali, Teguh Punya 20 Akun MyPertamina

Palembang – Teguh (24), sopir truk Fuso ditangkap polisi saat melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Kertapati Palembang. Pelaku diketahui sudah mengisi BBM bersubsidi berulang kali dan dari tangannya didapati 20 akun MyPertamina.
Peristiwa penangkapan itu terjadi saat pelaku mengisi BBM di SPBU di Jalan Mayor Yusuf Singadekane, Kertapati Palembang, pada Senin (29/01/2024) sekitar pukul 22.30 WIB.

Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Bagus Suryo mengatakan, modus pelaku yakni menggunakan barcode MyPertamina yang berbeda secara berulang-kali untuk mengisi BBM subsidi di sejumlah SPBU di Kota Palembang.

“Pelaku menggunakan barcode Pertamina kendaraan lain dan plat kendaraan lain lalu melakukan pengisian BBM subsidi di sejumlah SPBU menggunakan mobil truk dengan tangki yang dimodifikasi,” kata Bagus, Rabu (7/2/2024).

Dari hasil penyelidikan polisi, pelaku mengaku diperintahkan oleh seorang berinisial R yang saat ini masih DPO. Pelaku sudah menjalankan aksinya selama satu bulan.

Bagus menyebutkan, dalam sekali antrian di SPBU, Teguh mengisi 200 liter BBM bersubsidi.

“Tersangka TW dimodalkan Rp 7 juta untuk membeli BBM subsidi di sejumlah SPBU di Kota Palembang dari DPO berinisial R,” ujarnya.

“Pelaku menggunakan barcode Pertamina kendaraan lain dan plat kendaraan lain lalu melakukan pengisian BBM subsidi di sejumlah SPBU menggunakan mobil truk dengan tangki yang dimodifikasi,” kata Bagus, Rabu (7/2/2024).

Dari hasil penyelidikan polisi, pelaku mengaku diperintahkan oleh seorang berinisial R yang saat ini masih DPO. Pelaku sudah menjalankan aksinya selama satu bulan.

Bagus menyebutkan, dalam sekali antrian di SPBU, Teguh mengisi 200 liter BBM bersubsidi.

“Tersangka TW dimodalkan Rp 7 juta untuk membeli BBM subsidi di sejumlah SPBU di Kota Palembang dari DPO berinisial R,” ujarnya.