Mudik Lebaran? Siap-siap Harga Tiket Bus Melambung 35%

Calon penumpang menunggu kedatangan bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (23/12/2021). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Harga tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) bakal naik menjelang Lebaran nanti. Hal ini diungkapkan Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan.

“Tarif seperti biasa ada penyesuaian, kisarannya masih sama 25%-35% tergantung jarak,” ungkap Kurnia kepada CNBC Indonesia, Rabu (15/3/2023).

Peningkatan harga tiket mulai akan berlaku untuk pemesanan H-7 Lebaran dan H+7 Lebaran nanti. Sementara untuk harga tuslah atau biaya tambahan untuk tiket bus ekonomi masih menunggu keputusan dari pemerintah.

“Untuk ekonomi masih menunggu dari pemerintah terkait,” jelasnya.

Diprediksi permintaan penumpang bus akan melonjak pada periode mudik Lebaran 2023 ini. Meski dia belum bisa memprediksi peningkatannya.

“Kami sangat siap, bahkan untuk beberapa rute reservasi sudah 70%, untuk rute Jakarta – Jawa Tengah dan Jakarta – Jawa Timur,” kata Kurnia.

Untuk mengantisipasi permintaan yang melonjak maka pengusaha bus akan mengoperasikan 100% armadanya, dan jika dibutuhkan akan meminta unit tambahan dari operator pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*