Joan Mir: 2024 Jadi Tahun Terpenting dalam Karierku

Madrid – Joan Mir mengungkapkan, 2024 menjadi tahun terpenting di dalam kariernya di MotoGP. Mir menatap musim dengan optimistis karena motor Honda kini sudah berbeda.
Pebalap Spanyol itu menjalani musim debut bak mimpi buruk bersama Honda. Mir cuma mengemas total 26 poin sehingga finis di peringkat 22 klasemen MotoGP 2023, finis terburuk di antara rider-rider dari tim pabrikan.

Mir bahkan tidak sekalipun bisa menuntaskan balapan hari Minggu di antara April sampai Agustus karena mengalami kecelakaan dan cedera-cedera. Pencapaian terbaik Mir hanyalah sekali finis kelima di balapan utama seri India.

Meski begitu, Honda memperlihatkan sinyalemen positif jelang bergulirnya MotoGP 2024. Di tes Sepang belum lama ini, Joan Mir memang finis kesepuluh di hari terakhir tapi hanya berjarak 0,6 detik dari pebalap tercepat sekaligus juara dunia back to back Francesco Bagnaia (Ducati).

“Yang sebenarnya adalah ini akan menjadi tahun yang sangat penting untukku, mungkin yang terpenting dalam karier profesionalku sejauh ini,” sahut Joan Mir dilansir Crash.

“Jika seorang pebalap menjalani setahun yang kurang oke… maka menjalani dua tahun beruntun dengan kurang oke itu lebih buruk. Jadi aku ingin berhasil. Aku akan melakukan yang terbaik. Kurasa Honda juga begitu, dan aku sangat optimistis.”

“Tampaknya ini adalah tahun perubahan. Motornya benar-benar sudah berbeda dan livery yang baru sangat agresif. Terus terang, kurasa kami sudah meningkat sedikit di semua aspek. Kami hanya kurang sedikit dalam hal akselerasi, dan sesuatu di aerodinamika,” sambung juara MotoGP 2020 ini.

“Namun, motornya sudah benar-benar berbeda kok dalam kaitannya dengan aerodinamika. Motornya terlihat lebih modern! Pada musim lalu ‘kan cuma ada satu sayap dan tahun ini ada banyak,” kata Joan Mir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*