Inti Bumi Berputar Terbalik, Manusia Kena Konsekuensinya

A view from the edge of space is seen from Virgin Galactic's manned space tourism rocket plane SpaceShipTwo during a space test flight over Mojave, California, U.S. December 13, 2018. Virgin Galactic/Handout via REUTERS.  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO ARCHIVES, NO SALES.

Rotasi inti Bumi dikabarkan sempat terhenti dan ada kemungkinan berbalik arah. Inti Bumi sendiri terdiri dari dua lapisan, yakni inti luar cair dan padat.

Untuk yang terakhir terbuat dari material serupa besi yang benar-benar berputar.

Berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal https://meja138apk.com/ Nature Geoscience, ada keanehan pada inti Bumi tersebut. Menurut Tim Universitas Peking China, temuan tersebut menunjukkan perubahan rotasi dalam skala dekadel.

Mereka juga menambahkan temuannya dapat membantu memahami apa yang terjadi di bagian bawah Bumi dan akhirnya memengaruhi permukaan, dikutip Popsci, Selasa (16/5/2023).

Seismolog Yi Yang dan Xiaodong Song mengamati gelombang seismik dalam penelitian ini. Mereka menganalisis perbedaan pada bentuk gelombang dan waktu tempuh saat gempa Bumi melewati jalur yang sama sejak 1960-an. Gempa Bumi yang diselidiki terjadi pada 1995 hingga 2021.

Hasilnya, sebelum 2009 ternyata rotasi Bumi sedikit lebih cepat daripada permukaan dan bagian mantel. Namun kemudian melambat dan berhenti sekitar tahun tersebut.

Tim peneliti juga percaya hasil tersebut bisa dikaitkan dengan pembalikan rotasi inti pada tujuh dekade. Ini terjadi pada awal 1970-an, ungkap mereka.

Selain itu, tim juga menjelaskan variasi ini berkaitan dengan perubahan kecil pada pengamatan geofisika di permukaan. Misalnya, panjang hari atau perubahan medan magnet.

Volatilitas pada rotasi inti Bumi berpengaruh terhadap variasi waktu yang dihabiskan oleh Bumi untuk berotasi 360 derajat pada sumbunya. Akhirnya, manusia di permukaan Bumi merasakan panjang hari berubah-ubah.

Para penulis studi menyimpulkan fluktuasi rotasi inti sejalan dengan sejumlah perubahan periodik yang menunjukkan interaksi antara lapisan pada Bumi yang berbeda satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*