Dear Fresh Graudate, Ini Waktu yang Tepat Kirim Lamaran Kerja

Ilustrasi resume dan CV

Melamar pekerjaan adalah salah satu hal yang tidak jarang membuat sebagian orang merasa stres. Sebab, meskipun telah menyiapkan curriculum vitae (CV) serta portofolio yang dinilai sudah baik dan telah melamar di perusahaan yang sesuai, kabar baik berupa informasi lanjutan proses rekrutmen tidak kunjung datang.

Ada banyak faktor yang membuat lamaran tak kunjung mendapatkan panggilan dari perusahaan, salah satunya adalah waktu saat mengirim lamaran pekerjaan.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk mengirim lamaran kerja?

COO Jobstreet Indonesia, Varun Mehta mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak ada patokan waktu yang tepat untuk mengirimkan lamaran pekerjaan.

Alih-alih menentukan kapan jam dan hari yang tepat, Varun menyarankan para pelamar untuk mengirimkan lamarannya tepat tiga bulan sebelum estimasi waktu memulai kerja. Sebab, proses rekrutmen membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Tidak ada waktu yang tepat untuk melamar [pekerjaan]. Mulai cari kerja minimal tiga bulan sebelum [estimasi] waktu bergabung dengan perusahaan,” jelas Varun kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Sedangkan bagi pekerja yang hendak pindah perusahaan, Varun mengatakan bahwa penting untuk melamar tiga bulan sebelum resign atau setidaknya sebelum memulai pekerjaan di tempat baru karena ada beberapa proses yang harus dilakukan di perusahaan lama, seperti membicarakannya dengan atasan, Human Resource Department (HRD), dan rekan kerja.

Selain itu, ia juga menyarankan para pencari kerja, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman, untuk tidak fokus melamar di satu perusahaan.

“Alih-alih hanya melamar di satu tempat, lamarlah di dua hingga empat perusahaan. Lakukan wawancara sebaik mungkin dan tentukan mana yang terbaik dan cocok untuk Anda,” ujarnya.

Sementara itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebutkan bahwa hari terbaik bagi pelamar untuk mengirimkan lamarannya kepada perusahaan adalah Senin. Sebab, lamaran yang dikirim pada hari kerja, terutama hari pertama dalam satu minggu akan lebih cepat mendapatkan respon dan jawaban karena berada di urutan awal lamaran yang masuk.

“Jam terbaik untuk mengirim lamaran kerja adalah jam 6 sampai 9 pagi. Bisa juga dikirim pukul 1 sampai 2 siang setelah jam makan siang para perekrut,” tulis Kemnaker melalui akun Instagram resminya (@kemnaker), dikutip Kamis (9/3/2023).

Lalu, Kemnaker menyarankan para pelamar kerja untuk mengirimkan lamarannya pada hari yang sama saat lowongan kerja dipublikasikan agar memperoleh atensi dari HRD lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*